Bisniskulinerindonesia’s

April 12, 2009

Tanya Jawab Cake dan Bolu

Filed under: Uncategorized — bisniskulinerindonesia @ 11:02 am
  1. Mengapa bila orang membuat cake selalu mencampurkan tepung terigu medium dengan tepung maizena ? sebab cake perlu protein yang rendah (soft)/ kunci biru, sehingga pemcampuran maizena berfungsi untuk menurunkan protein dalam tepung.
  2. Mengapa membuat cake selalu menggunakan cake emulsifier? Karena telur yang digunakan untuk cake hampir semuanya mengguna­kan telur ayam negri dimana telur ayam tersebut bila usia telurn­ya sudah lama maka telur tersebut tingkat kepekatannya berkurang, sehingga tidak bisa semaksimal mungkin mengikat udara selama proses pengocokan, maka ditambahkan cake emulsifier supaya telur akan semakin pekat dan dapat menyimpan udara lebih maksimal, sehingga cake akan mengembang dengan baik.
  3. Mengapa adonan cake terlalu encer ? Karena kurang adanya cake emulsofier, kurang jumlah tepungnya, terlalu banyak putih telurn­ya.
  4. Mengapa dalam membuat cake yang menggunakan banyak kuning telur bila ditambahkan cake emulsifier malah tidak jadi ? (ban­tat) Karena kuning sudah pekat, maka bila ditambah dengan cake emulsifier lagi adonannya semakin pekat dan jadi berat, sehingga cake tidak akan mengembang dengan baik.
  5. Mengapa susunan dalam cake berlubang besar? Karena terlalu banyak putih telur dan margarinnya kurang.
  6. Mengapa cake bagian dalam selalu basah, berminyak bagian bawahnya (mengendap) ? karena jumlah margarinnya terlalu banyak.
  7. Ada berapa banyak sebetulnya jenis cake yang ada ? Ada 3 macam cake, yaitu ciffon cake, Pound cake, Sponge cake.
  8. Jenis tepung apa sebaiknya yang digunakan untuk pembuatan cake? Jenis tepung yang berprotein rendah.
  9. Apa ciri-ciri dari kesemuanya itu ? a)  Cifon cake (proses yang digunakan adalah pencampuran kuning telur dan minyak, sedangkan putih telur dikocok sendiri, dan bahan lainnya dimasukkan selanjutnya). b) Pound cake adalah termasuk havy cake dimana semua bahan dima­sukkan menjadi satu dan diaduk. c) Sponge cake (telur dan gula dikocok sampai mengembang , baru dimasukkan tepungnya dan terakhir minyaknya/ margarinenya). d) Lebih bagus mana margarine dicairkan dan margarine yang dikocok dalam pembuatan cake? Sama saja.
  10. Seringkali membuat cake yang ada buahnya selalu buahnya turun apa sebabnya ?Karena adonan yang digunakan tidak sesuai, jadi adonan yang paling cocok yang diberikan buah adalah adonan pound cake.
  11. Mengapa bagian tengah cake selalu kurang matang ? Karena apinya terlalu panas.
  12. Mengapa bila membuat cake yang di roll selalu pecah ? Karena apinya kurang panas, dan terlalu lama proses pemanggangannya.
  13. Mengapa bila membuat cake yang tebal selalu permukaan cake cekung? Karena jumlah tepung dalam adonan kurang.
  14. Mengapa bila membuat cake selalu permukaannya seperti gunung? Karena tepung dalam adonan terlalu banyak.
  15. Apa akibatnya bila menggunakan tepung yang berprotein tinggi bila dibuat cake ? Hasilnya akan padat dan kasar, serta volume cake tidak akan pernah besar.
  16. Mengapa bila kita membuat cake selalu baskomnya harus dicuci dengan air panas sebelum digunakan ? Karena biasanya baskom tersebut habis digunakan untuk mengocok margarine/ minyak, se­hingga bila digunakan mengocok telur tidak akan bisa mengembang dengan baik.
  17. Mengapa bila membuat cake yang besar dan tinggi selalu bagian sampingnya menciut dan berpinggang ? Karena loyang bagian sam­pingnya dipoles dengan margarine, sehingga adonan cake tidak ada yang menahan jadi cake terlepas dengan sendirinya.
  18. Apa bedanya membuat cake dengan telur ayam negri dengan ayam kampung ? Bedanya bila menggunakan harus menggunakan cake emulsifier, sedangkan ayam kampung tidak pelu menggunakan cake emul­sifier, karena telurnya sendiri sudah pekat.
  19. Berapa temperatur oven ideal untuk membuat bolu gulung ? temperaturnya yang ideal adalah 220 derajad celcius selama 12 menit harus sudah matang, bila tidak bolu gulung tidak pernah bisa digulung dan pecah.
  20. Berapa temperatur oven untuk muffin yang ideal ? temperaturn­ya 200 derajad celcius selama 25 menit, karena bial tidak muffin tidak pernah pecah permukaannya.
  21. Mengapa cake yang dibuat bagian bawahnya sudah hangus tetapi permukaannya masih basah ? Karena cara menaruh loyang pada oven salah yaitu terlalu dekat sumber api bagian bawahnya, serta temperatur ovennya terlalu panas.
  22. Mengapa bagian atas cakenya sudah hangus sedangkan bagian tengah belum matang? Karena jarak dengan deck bagian tas terlalu dekat/ terlalu tinggi cetakkannya serta oven terlalu tinggi.
  23. Untuk jenis cake yang dikukus sebaiknya menggunakan jenis tepung yang bagaimana? Pergunakanlah jenis tepung yang proteinnya rendah.
  24. Seringkali dalam pembuatan bolu kukus tidak mau merekah dengan baik, apa sebabnya ? Kemungkinan jumlah tepung terigu yang digunakan kurang, terlalu banyak, jumlah soda yang digunakan kurang, terlalu banyak cairan, terlalu lama pengocokan, panas kukusan kurang.
  25. Mengapa cake yang dibuat seringkali lengket didasar cetakan dan susah mengeluarkan? Tidak, kerana cetakannya baru dicuci dan tidak dipanaskan, didasar cetakan ada air, didasar cetakan lupa dipoles, polesan cetakan bagian dasar harus rata/ dilapisi kertas roti.
  26. Mengapa bagian permukaan cake tebal? Karena pemakaian gula terlalu banyak, tepung terigu terlalu banyak, panas oven terlalu dingin.
  27. Mengapa warna pada daging cake tidak rata? karena cairannya kurang, pengocokan terlalu kental, terlalu banyak pemakaian cake emulsifier.
  28. Mengapa bagian permukaan cake pecah ? Karena pemakaian gula terlalu banyak, pemakaian jenis tepung yang tidak sesuai (protein terlalu tinggi), terlalu banyak pemakaian tepung terigu. Cetakan yang digunakan terlalu kecil diameternya, panas oven kurang.
  29. Mengapa cake mudah keras dan kurang? Karena penggunaan telur kurang, terlalu banyak menggunakan putih telur, pemakaian gula kurang, pemakaian margarine kurang, terlalu banyak baking powder, kurang cairan.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: